Minggu, 02 Januari 2011

Freeport Kembali Lepasliarkan Ribuan Kura-Kura Moncong Babi

Dok MI/as

PT Freeport Indonesia (PTFI) yang melakukan penambangan tembaga, emas, dan perak di wilayah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kembali melepasliarkan kura-kura moncong babi (Carettochelys insclupta).

Juru Bicara PT Freeport Indonesia, Ramdani Sirait, Minggu (2/1), mengatakan keterlibatan PTFI di bidang penyelamatan satwa langka di Tanah Papua selama tahun 2010 dengan terus-menerus memprakarsai usaha penyelamatan hewan langka melalui usaha
melepasliarkan satwa langka itu ke habitatnya di Tanah Papua.

Ia menjelaskan, usaha melepasliarkan hewan langka itu tidak hanya dilakukan PTFI pada tahun 2010, tetapi pada 28 Agustus 2006, PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan Jaringan Pusat Penyelamatan Satwa (JPPS) Cikananga, Sukabumi, Jawa Barat dan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Departemen Kehutanan telah memulangkan sedikitnya 2.930 ekor kura-kura moncong babi.

"Satwa langka yang dilindungi itu diterbangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Timika, Papua, dengan menggunakan pesawat kargo yang difasilitasi PT Freeport Indonesia," katanya.

Kura-kura yang dipulangkan adalah satwa yang disita di sejumlah tempat, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Juanda Surabaya, setelah diselundupkan keluar Papua.

Sebelumnya, kura-kura itu direhabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa Yogyakarta dan Sukabumi selama enam bulan hingga delapan bulan.

Pada 24 Februari 2009 juga telah dilepasliarkan sebanyak 10.865 ekor labi-labi moncong babi di sungai Mawati dan Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh, Mimika, Papua yang merupakan hasil sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Seksi Konservasi Wilayah II Timika dan Polres Mimika.

Sebelum dilepasliarkan ke alam, seluruh labi-labi tersebut dipelihara sementara oleh Departemen Lingkungan PT Freeport Indonesia di kolam-kolam yang disediakan di Pusat Reklamasi PT Freeport Indonesia di Mile Pos 21, di dalam wilayah kerja PTFI.

"PT Freeport Indonesia selalu berpartisipasi dalam program pelestarian keanekaragaman hayati Papua, termasuk upaya pengembalian satwa-satwa endemik Papua yang diselundupkan keluar Papua," kata Ramdani yang saat ini dipercaya memimpin Corporate Communications Department PT Freeport Indonesia itu.

Selain labi-labi moncong babi, PT Freeport Indonesia juga pernah ikut serta dalam pemulangan Kangguru Tanah atau Walabi dari Jakarta ke Papua, kemudian dilepasliarkan di Taman Nasional Wasur di Merauke yang saat ini telah berkembang biak.

Pada Kamis (30/12/2010) lalu, sebanyak 10.908 kura-kura jenis moncong babi yang disita dari seorang penadah di Kamoro Jaya-SP1 Timika kembali dilepasliarkan ke habitatnya di sekitar Muara Sungai Wania, Pelabuhan Paumako, Distrik Mimika Timur.

sumber : media indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar